Posted by : Asnita Meydelia Sabtu, 29 November 2014

 

Galau ? Kata yang satu ini sudah tak Asing lagi . . . Sudah Booming kemana-mana. Semua orang pasti pernah ngrasain yang namanya galau, dari anak TeKa, EsDe, Tua , Muda bahkan yang sudah di ambang usia. Kata Galau juga sering dipakai buat semua kondisi, tapi paling banyak sih buat yang Lagi PUTUS CINTA . . . 

Sebenernya apa enak sih, Galau ? Dapat untung apa kita kalo kita Galau ? gak adakan ? Yang ada malah terganggu semua tugas kita karna waktu yang kita miliki tersita dengan Satu Kata ini . . Bener kagak ?
Makanya , Say No to GALAU ya guys . . .

Yuk Cekidot . . .

1. Bad Things Happen, But they Will End

Hal buruk pasti terjadi dalam hidup kita, tapi kita harus yakin kalau hal buruk itu akan berakhir. Tidak mungkin juga kita akan berharap kehidupan yang mulus tanpa ada sedikit kerikil di jalan panjang ini.
Hal buruk terjadi bisa jadi karena Allah sayang pada kita dan menguji seberapa lama kita bertahan, seberapa tebal iman kita dan sampai kapan kita akan mengingatNya dan memohon petunjuk hanya padaNya semata. Seburuk apapun kenyataan yang kita hadapi, badai pasti berlalu.

2. Lakukan hal yang Kamu sukai, sibukkan diri

Daripada memikirkan hal – hal yang membuat kamu sedih terus, mantan misalnya, atau kekalahan dalam kontes SEO :P Mending lakukan hal – hal yang kamu sukai yang tidak berkaitan dengannya. Menyibukkan diri dengan pekerjaan buat yang sudah bekerja, dengan belajar dan kuliah juga bisa atau dengan olah raga.
Yang jelas, untuk membuang galau di hati, buang jauh – jauh penyebabnya dari pikiran kamu.

3. Bereksperimen dengan hal baru

Selain menyibukkan diri seperti poin di atas, bisa deh diisi dengan mempelajari hal baru. Karena saat kita feel excited dengan hal baru tersebut keasyikan di dalamnya akan lebih cepat membuat kita lupa dengan masalah yang membuat kita galau.
Buat yang suka membaca  novel, bisa deh dicoba untuk mencari novel baru, pun dengan kolektor film seperti saya, bisa cari film baru yang sama sekali belum pernah dilihat.
Melakukan hal baru yang sama sekali baru pun juga OK, belajar berenang misalnya buat yang sama sekali tidak pernah berenang. Bagi cewek, belajar memasak sama ibu keren juga nih sepertinya.

4. Get Away!

Masih terkait dengan kedua poin sebelumnya. Saya kadang suka untuk bermotor tanpa tujuan, menikmati pemandangan dan perjalanan. Melihat alam di lereng pegunungan dengan sawah dan kebun teh di gunung Lawu adalah pilihan menarik bagi saya.
Kalau ada sedikit budget lebih, piknik ke obyek wisata yang agak jauh bisa dijadikan alternatif untuk penyegaran juga nih.

5. Gunakan Saklar Emosi – Mendengarkan Musik

Saya pertama kali membaca tentang saklar emosi ini dalam buku The Power of Kepepet karya Ippho Santosa. Saklar emosi adalah sesuatu (musik, memory, film) yang bisa membalikkan keadaan emosi secara drastis. Sesuatu yang membuat kita lebih bersemangat dan kembali merasa memegang kendali.
Bagi saya musik adalah salah satu dari sekian banyak saklar emosi ini. Kalau saya sih suka mendengarkan beberapa lagu dari Eminem, Linkin Park, Evanescence dan Breaking Benjamin. Musik rap bikin emosi cepat mengalir saat saya bisa ikut teriak – teriak, musik alternatif juga demikian.
Tapi ya musti hati – hati dalam memilih genre. Musik akustik dan orchestra ada baiknya dibuang jauh – jauh dahulu kecuali ada momen emosional yang membangkitkan semangat anda.
Punya saklar atau momen lain? Silahkan ditambah dalam komentar :)

6. Dzikir

Bagi yang muslim dzikir adalah sebuah ibadah yang manjur untuk mengubur galau dan kesedihan di hati. Ingat firman Allah dalam surat Ar-Ra’d : 28 sebagai berikut;

Betapa murahnya Allah, selain mengingatNya merupakan sebuah ibadah dan berpahala, dijamin tenang pula hati kita. Kalau berdzikir masih belum cukup, sekalian deh mambaca Al Qur’an sampai qatam :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © ღ ThaThaa ღ - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -